Apakah Penyakit Thalasemia Bisa Disembuhkan ?

By | September 13, 2018

Tentunya sangat wajar sekali bila penderita penyakit thalasemia memiliki pertanyaan seperti apakah penyakit thalasemia bisa disembuhkan ? Nah, disini kami akan memberikan anda jawaban dari pertanyaan tersebut.

Namun selum kami memberikan jawabannya, terlebih dahulu kami akan memberikan anda informasi seputar penyakit thalasemia itu sendiri.

Apakah Penyakit Thalasemia Bisa Disembuhkan ?

Informasi Seputar Thalasemia

Berbicara mengenai thalasemia adalah suatu kelainan darah yang diturunkan secara genetika di mana penderitanya mempunyai susunan hemoglobin yang tidak normal.

Dimana hemoglobin sendiri merupakan komponen sel darah merah yang berfungsi sebagai pengakut oksigen, hemoglobin ini terdiri dari beberapa jenis protein seperti protein alpha dan protein beta.

Pada umumnya, penderita penyakit thalasemia tidak mampu memproduksi salah satu dari protein tersebut dalam jumlah yang cukup sehingga sel darah merahnya tidak terbentuk dengan sempurna, akibatnya hemoglobin tidak bisa mengangkut oksigen dalam jumlah yang cukup.

Karea penyebab thalasemia adalah faktor keturunan, maka sebenarnya perlu dilakukan skrining penyakit ini untuk mereke yang berusia produktif. Lalu, apakah penyakit thalasemia ini bisa disembuhkan ? Untuk mendapatkan jawabannya, bisa anda lihat di bawah ini !

Apakah Penyakit Thalasemia Bisa Disembuhkan ?

Jika berbicara mengenai apakah penyakit thalasemia bisa disembuhkan ? Perlu anda ketahui, bahwa hingga saat ini penyakit thalasemia belum bisa disembuhkan karena penyebabnya adalah genetik.

Meskipun demikian, namun yang bisa anda lakukan sekarang adalah dengan rutin berobat agar penyakit thalasemia ini tidak sampai menimbulkan komplikasi ke berbagai organ yang lainnya seperti jantung, limpa, tulang dan lainnya.

Kemungkinan besar, penyakit thalasemia ini bisa diobati dengan melakukan tindakan transfusi darah tali pusat dan transplantasi sumsum tulang. Namun kedua metode pengobatan tersebut, tidak cocok untuk semua penderita thalasemia dan bisa menyebabkan terjadinya sejumlah komplikasi.

Selain itu, penderita thalasemia juga bisa melakukan beberapa terapi, namun terapi yang di terima penderita thalasemia juga berbeda-beda tergantung tipe dan tingkat keparahan thalasemianya. Dimana beberapa terapi thalasemia tersebut diantaranya :

  • Terapi hormon
  • Splenectomy (pengangkatan limpa)
  • Terapi khelasi
  • Transplantasi sumsum tulang

Namun selain melakukan beberapa terapi diatas, penderita thalasemia juga perlu menyeimbangi dengan pola dan kebiasaan hidup sehat. Berikut ini ada beberapa kebiasaan dan pola hidup sehat yang bisa diterapkan oleh penderita thalasemia yakni :

  • Hindari diri anda dari infeksi
  • Konsumsi asam folat
  • Lakukan olahraga secara rutin
  • Melakukan diet zat besi
  • Hindari merokok dan konsumsi alkohol
  • Konsumsi makanan dengan kandungan tinggi kalsium dan vitamin D
  • Tips lainnya bisa di lihat disini : Cara Mengatasi Thalasemia

Nah itulah sekilas informasi mengenai jawaban dari apakah penyakit thalasemia bisa disembuhkan ? Semoga informasi yang kami sampaikan tersebut bisa bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda serta menambah wawasan pengetahuan anda.

post by : Obat Herbal Leukimia Tanpa Kemoterapi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *